Senin, 08 Juni 2015

Senam Di Indonesia

Senam Di Indonesia Secara Umum ada 4 :

1. Senam Artistik
Senam artistik adalah salah satu disiplin olahraga senam, dan merupakan cabang sangat populer pada Olimpiade.
Pada hari pertandingan seorang pesenam melakukan sebuah rangkaian gerakan singkat (bervariasi mulai dari 30 sampai dengan 90 detik) untuk setiap alat yang berebda, sementara untuk meja lompat membutuhkan waktu yang lebih singkat. Senam artistik berada di bawah naungan Federation Internationale de Gymnastique (disingkat FIG) yang menyusun manual penilaian dan regulasi untuk semua aspek dari kompetisi elite internasional. Sementara dalam lingkup nasional, senam diatur oleh masing-masing federasi nasional, British Amateur Gymnastics Association (disingkat BAGA) di Britania Raya, USA Gymnastics (disingkat USAG) di Amerika Serikat, dan Persani di Indonesia.
Ada 2 macam :
a. Untuk Putra ada 6 alat yang harus dikuasai :
- Alat lantai
- Alat Meja Lompat 135 cm
- Alat Palang Jajar
- Alat Palang Tunggal
- Alat Gelang-gelang / Ring 2
- Alat Kuda Pelana
b. Untuk Putri ada 4 alat yang harus dikuasi :
- Alat Lantai
- Alat Meja Lompat 120 cm
- Alat Balok Gesik belen / Gelenbin
- Alat Palang Bertingkat

2. Senam Ritmit (Khusus Putri)
Senam Ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain. Gerak berirama merupakan senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak. Secara prinsip antara senam biasa dan gerak berirama tidak ada perbedaan, hanya saja pada gerak berirama ditambahkan irama (ritme). Tekanan yang harus diberikan pada gerak berirama ialah irama, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan.

3. Senam Aerobic Sematik / SportPanggung 12 x 12; musik; nomer-nomer : Singgel, pasanggan, tripel, kuartel/empat orang.

4. Senam Aerobic General / Senam General /Senam Umum
Senam umum adalah segala jenis senam, diluar kelima jenis senam diatas. Dengan demikian, senam-senam seperti senam aerobik, senam pagi, SKJ, senam wanita,dsb., termasuk ke dalam senam umum.















Senam yang dibuat oleh FIG (Federation Internationale de Gymnastique) yang di-indonesiakan menjadi Federasi Senam Internasional. Menurut FIG, senam dibagi menjadi 6 kelompok, yaitu :
1. Senam artistic (artistic gymnastics)
Senam artistik adalah sebagai senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada alat-alat.
2. Senam ritmik (rhythmic gymnastics)
Senam ritmik adalah senam yang dikembangkan dari senam irama sehingga dapat dipertandingkan.
3. Senam akrobatik (acrobatic gymnastics)
Senam akrobatik adalah senam yang mengandalkan gerakan akrobatik dan tumbling, sehingga latihannya banyak mengandung salto dan putaran, sementara pesenamnya harus mendarat di tempat-tempat yang sulit.
4. Senam aerobic (aerobic gymnastics)
Aerobics gymnastics merupakan pengembangan dari senam aerobik. Agar pantas dipertandingkan, latihan-latihan senam aerobik yang berupa tarian atau kalestenik tertentu, digabung dengan gerakan-gerakan akrobatik yang sulit.
5. Senam trampoline (trampolinning)
Senam trampolin merupakan pengembangan dari satu bentuk latihan yang dilakukan diatas trampolin. Trampolin adalah sejenis alat pantul yang terbuat dari rajutan kain yang dipasang dari kerangka besi, berbentuk segi empat, sehingga memiliki daya pantul yang sangat besar. Pada mulanya, penggunaan trampolin ini hanya untuk membantu penguasaan keterampilan akrobatik untuk senam artistik atau untuk para peloncat indah. Namun karena gerakannya memang menarik, akhirnya dikembangkan menjadi nomor senam yang dipertandingkan.
6. Senam umum (general gymnastics)
Senam umum adalah segala jenis senam, diluar kelima jenis senam diatas. Dengan demikian, senam-senam seperti senam aerobik, senam pagi, SKJ, senam wanita,dsb., termasuk ke dalam senam umum.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar